Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Iskandar Muda).

Reneta Nadia, Fitrianti (2022) Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Iskandar Muda). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
RENETA NADIA F.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Dalam bank syariah memiliki fungsi menghimpun dan menyalurkan dana. Penyaluran dana di bank Syariah dalam bentuk pembiayaan, salah satu pembiayaan yaitu dalam pembiayaan Mudharabah. Dalam penyaluran dana pembiayaan terdapat pembiayaan bermasalah. Mekanisme pembiayaan Mudharabah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Iskandar Muda di mulai dari permohonan pembiayaan yang diajukan nasabah dengan mengisi formulir pembiayaan dan menyertakan persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan oleh bank. Bank akan melakukan analisis terhadap nasabah, jika pembiayaan sudah disetujui maka nasabah akan menerima SP3 (surat penawaran putusan pembiayaan) dan akan dilakukan penentuan bagi hasil serta dilakukan proses akad. Setelah melakukan akad akan dilakukan pencairan pembiayaan dan bank akan melakukan monitoring terhadap usaha nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi atau cara dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah terhadap akad Mudharabah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Iskandar Muda. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan studi kasus. Faktor-faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Iskandar Muda yaitu faktor Force Majeure dan faktor dari perilaku nasabah itu sendiri. Penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad Mudharabah yang dilakukan Bank Syariah Indonesia yaitu dengan cara restrukturisasi yang diberikan kepada nasabah maksimal dua kali.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 04 May 2023 01:47
Last Modified: 04 May 2023 01:47
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item