Strategi Pemasaran Pembiayaan Musyarakah Dalam Menarik Minat Nasabah Usaha Kecil Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tangerang Parakan

Nisrina Aflah, Hamdaniyah (2022) Strategi Pemasaran Pembiayaan Musyarakah Dalam Menarik Minat Nasabah Usaha Kecil Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tangerang Parakan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
skripsi NISRINA AFLAH HAMDANIYAH.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang Parakan termasuk lembaga kuangan syariah yang memiliki produk pembiayaan dengan empat akad untuk nasbah usaha kecil, yaitu (1) murabahah; (2) mudharabah; (3) musyarakah; dan (4) ijarah. Dari keempat pembiayaan di atas, pembiayaan dengan akad musyarakah adalah yang paling jarang digunakan oleh pihak bank dalam memberikan pembiayaan kepada nasabah usaha kecil. Untuk meningkatkan penjualan produk pembiayaan musyarakah tentunya dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran serta dampaknya bagi Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang Parakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kualitatif, dimana sumber data peneliti dapatkan dari datar primer dengan cara melakukan wawancara secara langsung dengan pihak bank serta pengamatan langsung ke kantor BSI KCP Tangerang Parakan. Untuk data sekunder peneliti dapatkan dari tulisan, buku, jurnal, dan website resmi Bank Syariah Indonesia. Hasil daripada penelitian adalah ditemukannya pernyataan bahwa Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang Parakan telah menggunakan strategi pemasaran STP dan marketing mix 7P sesuai dengan teori yang dikemukan oleh Kasmir di dalam bukunya. Penerapkan kedua strategi pemasaran tersebut dalam menarik minat nasabah usaha kecil pembiayaan musyarakah dinilai memberikan pengaruh yang positif bagi bank, karena dengan menerapkan strategi pemasaran ini bank dapat lebih mudah mengetahui permasalahan yang sedang dihadapinya sehingga pihak bank dapat mengambil keputusan dan menyelesaikan dalam menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi dengan efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 04 May 2023 01:47
Last Modified: 04 May 2023 01:47
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item