Pengaruh Pengetahuan Nasabah dan Strategi Pemasaran terhadap Minat Nasabah pada Produk Gadai Emas: Studi Kasus pada Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan

Nadia, Kulsum (2022) Pengaruh Pengetahuan Nasabah dan Strategi Pemasaran terhadap Minat Nasabah pada Produk Gadai Emas: Studi Kasus pada Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI NADIA KULSUM.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh pengetahuan (X1) dan pemasaran (X2) terhadap minat nasabah (Y) pada produk gadai emas (studi kasus pada Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai – Tangerang Selatan. Maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis 1, hasil uji t variabel pengetahuan (X1) menunjukkan bahwa nilai t hitung = 1,258 < t tabel = 1,986 dan Sig. = 0,212 > 0,05, hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel berpengaruh positif tetapi tidak signifikan antara variabel pengetahuan (X1) terhadap minat nasabah (Y). Sehingga H 0 diterima dan H 1 ditolak yang artinya pengetahuan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat nasabah. 2. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis 2, hasil uji t variabel pemasaran (X2) menunjukkan bahwa nilai t hitung = 8,862 > t tabel = 1,986 dan Sig. = 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemasaran (X2) terhadap minat nasabah (Y). Sehingga H 0 ditolak dan H 2 diterima yang artinya pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah pada produk gadai emas. 3. Berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan, nilai F hitung = 105,737 > F tabel = 3.10 dan Sig. = 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel pengetahuan (X1) dan pemasaran (X2) terhadap minat nasabah (Y). Maka dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan H 3 diterima artinya pengetahuan (X1) dan pemasaran (X2) berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah (Y). 4. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R 2 ) nilai R Square yaitu sebesar 0,701, yang berarti bahwa variabel pengetahuan (X1) dan pemasaran (X2) secara bersama-sama dapat menjelaskan hubungan dengan variabel minat nasabah (Y) sebesar 70,1% sedangkan sisanya (100% - 70,1% = 29,9%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Artinya semua variabel pengetahuan dan pemasaran terhadap minat nasabah pada produk gadai emas (studi kasus pada Bank Jabar Banten Syariah KCP BSD) mempunyai pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 04 May 2023 01:47
Last Modified: 04 May 2023 01:47
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item View Item