Implementasi Pembiayaan Murabahah dan Dampaknya Terhadap Nasabah (Studi Kasus Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wat Tamwil Universitas Muhammadiyah Jakarta )

Muhammad, Haekal (2022) Implementasi Pembiayaan Murabahah dan Dampaknya Terhadap Nasabah (Studi Kasus Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wat Tamwil Universitas Muhammadiyah Jakarta ). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
MUHAMMAD HAEKAL_2015570035.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan salah satu pembiayaan yang dijalankan maupun dipraktekan di KSPPS BMT UMJ. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembiayaan murabahah dan dampaknya terhadap nasabah KSPPS BMT UMJ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dalam implementasi pembiayaan murabahah dan dampaknya terhadap nasabah koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah (KSPPS) sudah cukup baik, karena sudah sesuai dengan Fatawa DSN – MUI, ini dibuktikan dengan hasil keseluruhan penelitian mulai dari segi nasabah merasa terbantu dengan adanya pembiayaan yang diberikan, menjadi tambahan modal, membantu ekonomi setiap nasabah, membangun silaturrahmi. Dalam implementasi pembiayaan murabahah ini pihak KSPPS BMT UMJ harus bisa menjaga hubungan jangka panjang dengan para nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 04 May 2023 01:22
Last Modified: 04 May 2023 01:22
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13277

Actions (login required)

View Item View Item