Analisis Perbandingan Akad Murabahah Dan Akad Musyarakah Mutanaqisah Pada Pembiayaan KPR Di Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Iskandar Muda

Latifah Aulia, Ackmal (2022) Analisis Perbandingan Akad Murabahah Dan Akad Musyarakah Mutanaqisah Pada Pembiayaan KPR Di Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Iskandar Muda. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Skripsi Latifah Aulia Ackmal (2018570060) full teks.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Dalam kegiatannya menghimpun dana, Perbankan Syariah memberikan banyak pilihan akad. Yang mana hal ini membuat masyarakat lebih leluasa dalam memilih akad yang cocok dengan kebutuhannya. Contohnya Ketika seseorang akan memindahkan utang/piutangnya kepada pihak lain. Maka dapat menggunakan akad hiwalah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui akad yang paling banyak diminati dalam pembiayaan KPR. 2) Untuk mengetahui alasan dari akad tersebut banyak diminati. Metode penelitian yang digunakan di sini adalah pendekatan survei komparatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang sudah dijelaskan dan dibahas di bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1. Perbandingan akad murabahah dan akad musyarakah mutanaqisah yaitu: a. Akad murabahah digunakan dalam pembiayaan KPR karena merupakan akad jual-beli, berbeda dengan akad MMQ yang merupakan akad multiguna digunakan karena permintaan nasabah. b. Masing-masing akad memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. c. Bentuk skim yang hampir sama, yang membedakan hanya pada akad MMQ dapat membeli tanah. d. Akad murabahah dan MMQ memiliki persamaan yang cukup banyak 2. Akad murabahah merupakan akad yang paling banyak digunakan karena rata-rata pembelian rumah yang nasabah ajukan merupakan pembelian rumah pertama. Sehingga akad MMQ belum sebanyak akad murabahah. Selain itu, belum banyak nasabah yang tau akan akad MMQ.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 04 May 2023 01:22
Last Modified: 04 May 2023 01:22
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item