Implementasi Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR)Dalam Pemberdayaan UMKM (Studi Kasus BSI KUR Kantor Cabang Pembantu Jakarta Ciputat)

Indirahma Putri, Zahra (2022) Implementasi Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR)Dalam Pemberdayaan UMKM (Studi Kasus BSI KUR Kantor Cabang Pembantu Jakarta Ciputat). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI INDIRAHMA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya dampak ekonomi yang dialami UMKM akibat pandemi Covid-19. Padahal UMKM merupakan salah satu barometer perekonomian nasional yang artinya dapat meningkatkan perkenomian di Indonesia. Hal tersebut salah satunya didukung oleh peran bank syariah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi produk pembiayaan KUR di BSI KCP Jakarta Ciputat. Metode penelitian bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yaitu informasi yang bersumber dari wawancara kepada pihak Mikro Staff BSI KCP Jakarta Ciputat. Adapun sumber sekunder yaitu data yang diperoleh dari studi dokumentasi dan studi pustaka yang sesuai dengan objek penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa terdapat tiga jenis produk KUR di BSI KCP Jakarta Ciputat yaitu BSI KUR Kecil, BSI KUR Mikro, dan BSI KUR Super Mikro. Implementasi penyaluran KUR di BSI KCP Jakarta Ciputat dilaksanakan secara tepat sasaran dengan memiliki sebanyak 300 nasabah dan berjalan efektif dengan outstanding/plafon sebesar Rp11,3 M. Terdapat beberapa kendala seperti keterlambatan nasabah dalam membayar angsuran pembiayaan KUR dan banyak nasabah yang mengajukan restrukturisasi dengan alasan terdampak pandemi Covid-19. Kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan baik oleh pihak bank dengan meningkatkan pengawasan terhadap para nasabah KUR

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:01
Last Modified: 13 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13265

Actions (login required)

View Item View Item