Pengaruh Tingkat Literasi, Religiusitas dan Pendapatan Keuangan Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Fakultas Agama Islam di Bank Syariah

Indah Firda, Rizki Awwalia (2022) Pengaruh Tingkat Literasi, Religiusitas dan Pendapatan Keuangan Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Fakultas Agama Islam di Bank Syariah. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI INDAH.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat literasi, religiusitas dan pendapatan keuangan terhadap minat menabung mahasiswa Fakultas Agama Islam di Bank Syariah. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa angket yang disebarkan pada 90 orang responden melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 25. Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Hasil dari uji t menunjukan bahwa nilai signifikan variabel tingkat literasi adalah sebesar 0.150 lebih besar 0,1, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara tingkat literasi terhadap minat menabung sehingga H o diterima dan H a ditolak. Nilai signifikansi variabel religiusitas adalah sebesar 0,000 lebih kecil 0,1, artinya ada pengaruh yang signifikan antara religiusitas terhadap minat menabung sehingga H o ditolak dan H a diterima. Nilai signifikansi variabel pendapatan keuangan adalah sebesar 0.042 < 0,1, artinya ada pengaruh secara negatif yang signifikan terhadap minat menabung sehingga H o ditolak dan H 1 diterima. Hasil uji F didapat dari nilai signiikan sebesar 0,000 artinya nilai tersebut lebih kecil dari standar level signifikan yang telah ditetapkan sebesar 0,1, maka dapat disimpulkan bahwa literasi keuangan, religiusitas dan pendapatan keuangan berpengaruh secara simultan terhadap minat menabung mahasiswa Fakultas Agama Islam. Dan koefisien determinasi tingkat literasi keuangan, religiusitas dan pendapatan keuangan sebesar 76,7% dan sisanya 27,2% tidak dijelaskan dalam metode penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:01
Last Modified: 13 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13264

Actions (login required)

View Item View Item