Penerapan Manajemen Risko Pembiayaan Murabahah Pada Produk Pembiayaan Pemilikan Rumah iB Maslahah (Studi Kasus di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai)

Harsah Farihah, Hawani (2022) Penerapan Manajemen Risko Pembiayaan Murabahah Pada Produk Pembiayaan Pemilikan Rumah iB Maslahah (Studi Kasus di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
skripsi Harsah Farihah.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Bank Jabar Banten Syariah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada industri perbankan syariah yang memiliki peran penting dalam penyimpanan dan penyaluran dana kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam menyalurkan produk Pembiayaan Pemilikan Rumah iB Maslahah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai menggunakan akad Murabahah dengan skeman dan prosedur yang sudah ditetapkan, hal ini dilakukan oleh Bank Jabar Banten Syariah agar terhindar dari risiko kredit macet. Dengan demikian Bank Jabar Banten sebelum memberikan pembiayaan pemilikan rumah iB Maslahah kepada calon nasabah memiliki beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Risiko terhadap Pembiayaan Murabahah pada Produk Pembiayaan Pemilikan Rumah iB Maslahah . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dimana sumber data diperoleh dari data primer yaitu berasal dari wawancara dengan pihak Bank Jabar Banten Syariah pada bagian Account Officer, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur-literatur kepustakaan buku-buku, website, serta dokumentasi dari Bank Jabar Banten Syariah, dan sumber lain yang mendukung penelitian ini. Dalam produk Pembiayaan Pemilikan Rumah iB Maslahah di Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai risiko yang terjadi disebabkan oleh penurunan penghasilan nasabah karena kehilangan pekerjaan dan penurunan gaji nasabah, namun hal ini dapat ditangani secara efektif dan efisien oleh pihak Bank Jabar Banten Syariah dengan memberikan solusi relaksasi restukturisasi pembiayaan. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa hanya ada sekitar 1% nasabah Pembiayaan Pemilikan Rumah iB Maslahah yang mengalami masalah kredit macet. Hal ini membuktikan bahwa manajemen risiko Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Bumi Serpong Damai sangat baik

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:01
Last Modified: 13 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13262

Actions (login required)

View Item View Item