Strategi Pemasaran Funding Officer Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tangerang Parakan Pada Masa Pandemi Covid-19

Desi Nur, Ramdhani (2022) Strategi Pemasaran Funding Officer Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tangerang Parakan Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI DESI NUR RAMDHANI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penggabungan usaha atas tiga Bank Syariah BUMN yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri telah dinyatakan akan efektif pada Februari 2021 dengan nama baru yaitu PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI). Pada masa Pandemi Covid-19 ini tentunya memerlukan strategi pemasaran yang baru, salah satunya pada Funding Officer Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang Parakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Funding Officer BSI KCP Tangerang Paraka agar nasabah semakin loyal pada bank dan juga dapat menarik nasabah baru dikala mengalami hambatan aktivitas karena Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sistematika penulisan studi kasus (deskriptif) dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber 1 (Funding Officer), triangulasi sumber 2 (Branch Manager) dan triangulasi sumber 3 (nasabah). Hasil penelitian ditemukan bahwa Funding Officer tidak menggunakan teori strategi bauran pemasaran 7P saat memasarkan produk funding BSI, namun strategi pemasaran Funding Officer BSI KCP Tangerang Parakan saat ini setelah dianalisa sesuai dengan teori proses strategi pemasaran STP dan teori strategi bauran pemasaran 7P menurut Kasmir. Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi pemasaran Funding Officer BSI KCP Tangerang Parakan yaitu adanya tim pusat bagian produk funding di kantor cabang pusat BSI Tangerang dan tim operasional BSI. Lalu untuk faktor hambatan, karena masih diterapkan PPKM, sebagai Funding Officer hanya memaintance nasabah lewat telpon atau whatsapp dan jadwal open table melalui daring agar nasabah baru tetap bertambah

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:01
Last Modified: 13 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13252

Actions (login required)

View Item View Item