Upaya Penanganan Komplain Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Pondok Pinang 2

Choirunisa Dwi, Faradina (2022) Upaya Penanganan Komplain Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Pondok Pinang 2. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam.

[img] Text
SKRIPSI_CHOIRUNISA DWI FARADINA01.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui upaya penanganan komplain nasabah dan kualitas pelayanan Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Pondok Pinang 2, rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kualitas layanan yang diberikan oleh pihak Bank Syariah Indonesia serta bagaimana prosedur penanganan komplain pada Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Pondok Pinang 2. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Rancangan penelitian ini yang digunakan adalah studi kasus. Customer service Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu Jakarta Pondok Pinang 2 akan dikaji oleh peneliti. Penelitian kualitatif menunjuk kepada prosedur berupa ungkapan, pandangan, pemikiran dan tindakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komplain nasabah merupakan sebuah ungkapan ketidak puasan dari nasabah yang disebabkan adanya potensi kerugian finansial maupun nonfinansial keluhan atau pun komplain dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain adalah karena karyawan yang tidak profesional, pelayanan yang lambat, kurangnya pengetahuan dari karyawan atas produk dan jasa, cara berkomunikasi yang buruk, ketidak ramahan petugas. Penanganan komplain nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Pondok Pinang 2, juga mengacu pada standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak yang berwenang dan wajib dilaksanakan oleh seluruh anggota. Dalam menangani komplain terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu : empati, kecepatan dalam memberikan tanggapan, permintaan maaf , perhatian, pelayanan yang maksimal akan memberikan kenyamanan bagi nasabah serta dapat menumbuhkan rasa percaya dan loyal menjadi nasabah setia pada Bank Syariah Indonesia KCP Jakarta Pondok Pinang 2

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:01
Last Modified: 13 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item