FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA E-COMMERCE TERHADAP BANK SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH FAI UMJ)

Ahmad, Rifai (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA E-COMMERCE TERHADAP BANK SYARIAH (STUDI PADA MAHASISWA MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH FAI UMJ). Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam.

[img] Text
Skripsi Ahmad Rifai (2016570008) - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat pengguna e- commerce (mahasiswa manajemen perbankan Syariah FAI UMJ) dalam menggunakan bank Syariah dapat dapat direduksi ke dalam beberapa faktor serta untuk mengetahui faktor yang paling kuat pengaruhnya terhadap penggunaan bank Syariah. Penelitian ini menggunakan metode analisis faktor dengan bantuan program SPSS 22.0, yang bertujuan untuk mengetahui salah satu variabel yang paling kuat dari lima variabel yang terdiri dari: religiusitas (X 1 ), promosi (X 2 ), kualitas pelayanan (X 3 ), pengetahuan (X 4 ) dan motivasi (X 5 ). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dengan cara menyebar angket ke responden sebanyak 75 orang, dengan jumlah populasi 301 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hipotesis Nol (H 0 ) pada penelitian ini ditolak, berarti semua variabel dugaan, yaitu religiusitas (X 1 ), promosi (X 2 ), kualitas pelayanan (X 3 ), pengetahuan (X 4 ) dan motivasi (X 5 ) mampu mempengaruhi pengguna e-commerce dalam memilih bank Syariah. Kelima variabel tersebut dapat direduksi menjadi dua faktor. Faktor 1 Terdiri dari variabel promosi, kualitas pelayanan, pengetahuan dan motivasi, selanjutnya faktor 1 diberi nama sebagai faktor sosial. Kemudian untuk faktor 2 terdari dari variabel religiusitas selanjutnya faktor 2 diberi nama sebagai faktor pribadi.Variabel yang paling kuat pengaruhnya adalah variabel religiusitas dengan nilai 0,844. Tingginya variabel religiusitas, diduga karena seseorang yang yakin kepada Tuhan maka tingkat religiusitasnya semakin tinggi. Di sini dijelaskan bahwa yang bereligiusitas tinggi itu yang mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya, seperti hal nya nasabah dalam mengunakan jasa di bank Syariah, mereka memilih jasa di bank syariah karena ingin menjauhi riba.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:00
Last Modified: 13 Apr 2023 02:00
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13200

Actions (login required)

View Item View Item