Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Bank Syariah (Studi Lapangan pada Masyarakat RT. 01 RW. 05 Kelurahan Pondok Aren)

Nanda, Fajar Kurniawan (2021) Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Bank Syariah (Studi Lapangan pada Masyarakat RT. 01 RW. 05 Kelurahan Pondok Aren). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam.

[img] Text
SKRIPSI WORD NANDA FAJAR.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Bank Syariah merupakan implementasi dari sistem ekonomi islam yang seharusnya menjadi prioritas utama untuk masyarakat muslim. Fungsi Bank Syariah adalah sebagai lembaga intermediasi yaitu menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dana lalu akan disalurkan kembali ke masyarakat yang membutuhkan dana melalui pembiayaan serta memberikan pelayanan produk jasa. Tradisi masyarakat yang telah memanfaatkan jasa dan pelayanan Bank konvensional selama ini merupakan salah satu diantara sekian banyak faktor yang menjadi tarik ulur dalam perkembangan Bank Syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat RT. 01 RW. 05 Kelurahan Pondok Aren terhadap kualitas pelayanan Bank Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskkriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan diolah dalam bentuk kata-kata atau teks, dan data dari kuesioner yang dikumpulkan secara kuantitatif menggunakan presentase. Dengan tujuan agar ditemukan data yang nyata sesuai dengan kondisi yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan masyarakat RT. 01 RW. 05 Kelurahan Pondok Aren puas terhadap kualitas pelayanan Bank Syariah. Hal ini dibuktikan bahwa 50% sangat setuju mengenai pelayanan Bank Syariah yang tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:00
Last Modified: 13 Apr 2023 02:00
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item View Item