PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BERSUBSIDI DI BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU SYARIAH (KCPS) CIPUTAT PADA TAHUN 2019

Yudha, Anugrah Maulana (2020) PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BERSUBSIDI DI BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU SYARIAH (KCPS) CIPUTAT PADA TAHUN 2019. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Yudha Anugrah.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penyelesaian Pembiayaan adalah istilah teknis yang biasa dipergunakan dikalangan perbankan terhadap upaya dan langkah-langkah yang dilakukan bank dalam usaha mengatasi permasalahan Pembiayaan yang dihadapi oleh debitur yang masih memiliki prospek usaha yng baik, namun mengalami kesulitan pembayaran pokok dan kewajiban-kewajiban lainnya, agar debitur dapat memenuhi kembali kewajibannya. Dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi bank yang melaksanakan kegiatan berdasarkan prinsip syariah, terdapat beberapa ketentuan bank Indonesia yang memberikan pengertian tentang restrukturisasi Pembiayaan yaitu,, penjadwalan kembali, persyaratan kembali, penataan kembali Rumusan masalah dari Penelitian ini adalah bagaimana penyelesaian Pembiayaan bermasalah pada produk kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi di Bank Tabungan Negara (BTN) syariah kantor cabang pembantu syariah (KCPS) ciputat pada tahun 2019. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui metode penyelesaian Pembiayaan bermasalah pada produk kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi bank tabungan negara (BTN) syariah kantor cabang pembantu syariah (KCPS) ciputat pada tahun 2019. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data wawancara dan dokumentasi yang didapatkan di lapangan kemudian menganalisa dan mendapatkan kesimpulan dari Penelitian ini. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bank BTN syariah KCPS ciputat dalam menyelesaikan Pembiayaan bermasalah pada produk KPR subsidinya dengan melakukan tahap-tahap yaitu, penagihan melalui telepon, dan langsung, persyaratan kembali, penjadwalan kembali, pengalihan Pembiayaan, mengeluarkan SP 1, SP 2, SP 3, penyegelan dan terakhir pelelangan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:00
Last Modified: 13 Apr 2023 02:00
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13196

Actions (login required)

View Item View Item