Pendampingan Usaha Makanan Beku UMKM melalui Branding dan Iklan di Masa Pandemi Covid-19

Muksin, Nani Nurani (2023) Pendampingan Usaha Makanan Beku UMKM melalui Branding dan Iklan di Masa Pandemi Covid-19. Parahita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3 (2). pp. 91-97. ISSN 2745-6609

[img] Text
82-148-1-PB.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://parahita.web.id/index.php/parahita/article/...

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi mulai awal 2020 telah berdampak besar di berbagai sektor; tak hanya kesehatan, pendidikan tetapi juga ekonomi. Dalam situasi krisis seperti saat ini pelaku UMKM dituntut berinovasi memanfaatkan kanal pemasaran dan penjualan demi keberlangsungan usaha mereka. Akademisi dalam hal ini dosen bersama mahasiswa berperan besar membantu para pelaku UMKM bertahan di masa sulit saat pandemi-Covid 19 melalui program pengabdian masyarakat. Hal ini dilakukan dengan pendampingan branding dan iklan bagi salah satu pelaku UMKM dari anggota komunitas Gerakan Nusantara Berdaya (GNB) Depok yakni Ummamii Food Factory. Untuk merealisasikannya, tujuan program pengabdian masyarakat yang diberikan adalah: (1) Pendampingan pada usaha makanan beku Ummamii Food Factory melalui branding; (2) Pembuatan iklan untuk menunjang branding Ummamii Food Factory agar dapat bertahan di masa pandemi Covid-19. Kegiatan pendampingan berlangsung selama tiga bulan, Agustus hingga Oktober 2021 dengan melibatkan dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta. Metode pendampingan dilakukan melalui perancangan branding dimulai dari pembuatan iklan yang komprehensif dan terintegrasi sejak dari perancangan, pengembangan dan produksinya. Hasil dari pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa para pelaku UMKM khususnya Ummamii Food Factory perlu melakukan aktivitas branding yang sistematis, terstruktur, dan startegis berkaitan dengan Unique Selling Proposition (USP) agar dapat menjadi pembeda sekaligus kekuatan dari produk Umammii. Hal itu telah berhasil dilakukan melalui pendampingan pada abdimas ini.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dr. Nani Nurani Muksin
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:00
Last Modified: 13 Apr 2023 02:00
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13186

Actions (login required)

View Item View Item