PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE MATERI PYTHAGORAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Astriyani, Arlin and Fajriani, Faridah (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE MATERI PYTHAGORAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Fibonacci, 6 (1). pp. 87-90. ISSN 2460-7797

[img] Text
6835

Download (35kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc

Abstract

Penggunaan media pembelajaran matematika tidak optimal serta siswa yang aktif pada saat pembelajaran matematika hanya didominasi oleh sedikit siswa menjadi latar belakang dari peneltian ini. Tujuan penelitian ini yaitu, menjelaskan keaktifan belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras ketika menggunakan media audio visual youtube. Populasi dalam penelitian ini siswa SMP Labschool FIP UMJ dan sampelnya siswa kelas VIII yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Angket atau kuesioner merupakan teknik untuk mengumpulkan data. 5 tahapan dalam teknik analisis data yaitu merencanakan tahapan sebelum meneliti, membuat instrumen penelitian, melakukan uji coba instrumen dengan uji validitas dan uji realibilitas, serta melakukan uji prasarat analisis dan terakhir melakukan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Labshool FIP UMJ dipengaruhi oleh media audio visual youtube. Siswa terlihat lebih bersemangat dan lebih aktif dimana tidak lagi didominasi oleh siswa tertentu saja tetapi hampir setiap siswa ikut aktif. Terbukti dari uji hipotesis uji-t dimana thitung= 2,24 sedangkan ttabel = 1,745 pada taraf signifikasi α =0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung = 2,24 >ttabel = 1,745sehingga Ho ditolak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Mathematics Education / Pendidikan Matematika
Depositing User: Arlin Astriyani
Date Deposited: 28 Aug 2020 01:39
Last Modified: 28 Aug 2020 01:39
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item