PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENGELOLA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAM PPL MAHASISWA PG-PAUD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Sa'diyah, Rika (2010) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENGELOLA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAM PPL MAHASISWA PG-PAUD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam.

[img] Text
Tesis S2 UNJ PEP.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan mengelola pembelajaran anak usia dini yang valid dan reliabel dalam PPL UMJ Metode yang digunakan adalah metode pengembangan instrumen yakni analisis validasi baik teoritis maupun empiris dan perhitungan reliabilitas. Validasi toeritis dilakukan oleh lima belas panelis sedangkan validasi empiris dilakukan melalui ujicoba terhadap tigapuluh (30) mahasiswa UMJ sebagai peserta PPL yang dinilai oleh dua penilai. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengelola pembelajaran terdiri dari empat dimensi dan duapuluhtiga indikator serta deskriptor yang harus diobservasi dan dinilai selama kegiatan pembelajaran dilakukan. Implikasi dari penelitian adalah instrumen ini dapat menjadi pedoman penilaian yang baik dan tepat serta pengganti instrumen penilaian sebelumnya dalam menilai kemampuan mengelola pembelajaran mahasiswa sebagai calon guru paud ketika melakukan pengelolaan pembelajaran dalam PPL di UMJ.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Religion
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:45
Last Modified: 05 Apr 2023 06:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item View Item