PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN INTEGRATIF PADA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM SWASTA DI BAWAH ORMAS ISLAM (STUDI KOMPARATIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA�UNIVERSITAS AL-AZHAR INDONESIA

ABDUL, BASIT PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN INTEGRATIF PADA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM SWASTA DI BAWAH ORMAS ISLAM (STUDI KOMPARATIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA�UNIVERSITAS AL-AZHAR INDONESIA. [Lampiran BKD]

[img] Text
TESIS ABDUL BASIT.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Universitas Muhammadiyah Jakarta Cirendeu dan Universitas Al-Azhar Indonesia Kebayoran Baru melaksanakan Pendidikan Integratif. Penelitian ini diawali dengan melihat UMJ dan UAI sebagai Pendidikan Tinggi Islam Swasta yang mencetak para Sarjana Muslim yang kuat Iptek dan imtaqnya pada penerapan Pendidikan Intergratif di tengah kampus Islami, selanjutnya penelitian difokuskan pada keseriusan kedua kampus tersebut dalam menerapkan kurikulum yang berbasis penggabungan antara ilmu umum dan agama, usaha universitas dalam mengimplementasikan kepada mahasiswa sebagai pengguna jasa pendidikan, transparansi dan akuntabilitas universitas, serta partisipasi civitas akademika dan masyarakat dalam pelaksanaan Pendidikan Integratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif , pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner,wawancara,observasi,dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik deskriptif dengan cara penyajian menggunakan tabel distribusi frekuensi Setelah melalui studi pendahuluan, dipilih Universitas Muhamadiyah Jakarta Cirendeu dan Universitas Al Azhar Indonesia Kebayoran baru Jakarta Selatan. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) penerapan dan pemahaman Pendidikan Integratif di UMJ dan UAI belum sepenuhnya terlaksana, hal ini dapat dilihat masih ada sebagian kecil mahasiswa yang belum menempatkan dirinya kedalam komonitas; (2) keseriusan universitas dalam melaksanakan pendidikan integratif dilihat dari: (a) perumusan kurikulum dan program peningkatan mutu; (b) sumber daya manusia; dan (c) kesiapan sarana dan prasarana sudah baik; (3) usaha universitas dalam pengimplementasikan pendidikan integratif, yaitu terus dalam proses peningkatan; (4) transparansi dan akuntabilitas universitas sudah baik; dan (5) partisipasi warga kampus dan civitas akademika secara umum sudah baik. Hal ini diindikasikan dengan tingginya partisipasi mahasiswa mengembangkan dan menanamkan dalam prilaku, sikap dan tindakan, walaupun diakui masih diperlukan peningkatan secara menyeluruh dari semua warga kampus menuju terciptanya penerapan pendidikan integratif .

Item Type: Lampiran BKD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:42
Last Modified: 05 Apr 2023 02:42
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/12873

Actions (login required)

View Item View Item