Analisis Framing Video Pernyataan Gubernur DKI Jakarta tentang dibohongi pakai Al-Maidah 51 di Kompas.com dan Republika.co.id

Mulkan, Habibi and Harmonis, Harmonis (2017) Analisis Framing Video Pernyataan Gubernur DKI Jakarta tentang dibohongi pakai Al-Maidah 51 di Kompas.com dan Republika.co.id. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Tesis Mulkan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang realitas peristiwa yang dikonstruksi oleh media, objek yang diteliti adalah berita media online Kompas.com dan Republika.co.id terkait dengan video pernyataan Ahok tentang dibohongi pakai surah Al-Maidah 51 sejak tanggal 6 oktober – 16 November 2016. Dalam pandangan konstruktivis, media massa tidak hanya dipandang sebagai saluran komunikasi yang berfungsi menyampaikan pesan kepada khalayak, namun media massa juga merupakan subjek yang terlibat dalam proses konstruksi realitas lengkap dengan pandangan, bias dan pemihakannya. Disini media dipandang sebagai agen konstruksi sosial yang mendefenisikan realitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis framing konsep Model Zhondhang Pan Dan Gerald M. Kosicki. framing Menurut Zhondhang Pan Dan Gerald M. Kosicki adalah perangkat kognisi yang digunakan dalam mengkode informasi, menafsirkan peristiwa dihubungkan dengan rutinitas dan konvensi pembentukan berita. Proses pembentukan dan konstruksi realita tersebut hasil akhirnya ada bagian-bagian tertentu yang ditonjolkan dan ada bagian-bagian yang lain disamarkan atau bahkan dihilangkan. Aspek yang tidak ditonjolkan kemudian akan terlupakan oleh khalayak karena khalayak digiring pada satu realitas yang ditonjolkan oleh media tersebut. Dari analisis framing terhadap kompas.com dan republika.co.id, berkaitan dengan video pernyataan Ahok tentang dibohongi pakai Al-Maidah 5. Disimpulkan bahwa kedua media online ini memberikan framing yang berbeda dalam menceritakan peristiwa terkait dengan video pernyataan Ahok tentang dibohongi pakai Al-Maidah 5, perbedaan itu terlihat dari unsur-unsur siktaksis, skrip, tematik dan retoris, sehingga melahirkan dua isu yang berbeda. Kompas.com menonjolkan pernyataan Ahok tentang surah Al-Maidah 51 kedalam isu SARA jelang pilkada DKI Jakarta sedangkan Republika.co.id lebih menekan pada dugaan penistaan agama. Meskipun dalam mengkonstruksi realitas kedua media online Kompas.com dan Republika.co.id memiliki cara yang hampir sama, namun pada akhirnya kedua media online ini menghasilkan substansi berita yang berbeda.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Communication Science / Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM)
Depositing User: Mulkan Habibi
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:18
Last Modified: 30 Mar 2023 02:18
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/12689

Actions (login required)

View Item View Item