PENGARUH STRATEGI PELATIHAN PARENTING DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI IBU DENGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Eksperimen pada Ibu di PAUD Non Formal Provinsi DKI Jakarta, 2018)

Roshonah, Adiyati Fathu (2019) PENGARUH STRATEGI PELATIHAN PARENTING DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI IBU DENGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Eksperimen pada Ibu di PAUD Non Formal Provinsi DKI Jakarta, 2018). Disertasi (S3) thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
DISERTASI OK LENGKAP TANDA TANGAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pelatihan parenting dan tingkat pendidikan terhadap kemampuan berkomunikasi ibu dengan anak usia 4-5 tahun di PAUD non formal Provinsi DKI Jakarta. Metode penelitian eksperimen dengan rancangan treatment by level 2x2, sampel 34 orang ibu, menggunakan instrumen kemampuan berkomunikasi. Pelatihan parenting strategi problem based learning (PBL) dan experiential learning (EL) dilaksanakan sesuai sintaks pelatihan masing-masing 8 (delapan) kali pertemuan @ 90 menit selama 2 (dua) bulan. Tingkat pendidikan tinggi yakni SMA ke atas, dan tingkat pendidikan rendah yakni SMP ke bawah (SMP, SD dan tidak sekolah). Tehnik analisa data menggunakan ANOVA dengan uji F pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berkomunikasi ibu peserta pelatihan parenting strategi PBL dibanding EL. Hasil analisis varians 2x2 Fhitung 18,76 > Ftabel 4,17 pada taraf signifikansi α=0,05. Nilai rata-rata skor kemampuan berkomunikasi ibu peserta pelatihan parenting strategi PBL x̅224,56 lebih tinggi dibanding EL x̅217,3. Artinya kemampuan berkomunikasi peserta pelatihan parenting strategi PBL (A1) lebih tinggi daripada EL (A2); 2) Terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berkomunikasi ibu berpendidikan tinggi dibanding ibu berpendidikan rendah. Hasil analisis varians 2x2 Fhitung 8,552 > Ftabel 4,17 pada taraf signifikansi α=0,05. Nilai rata�rata skor kemampuan berkomunikasi ibu berpendidikan tinggi x̅ 223,32 lebih tinggi daripada ibu berpendidikan rendah x̅218,40. Artinya kemampuan berkomunikasi ibu berpendidikan tinggi (B1) lebih tinggi daripada ibu berpendidikan rendah (B2); 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi pelatihan parenting dan tingkat pendidikan terhadap kemampuan berkomunikasi ibu. Hasil analisis varians 2x2 Fhitung 43,683 > Ftabel 4,17 pada taraf signifikansi α=0,05; 4) Terdapat perbedaan signifikan kemampuan berkomunikasi peserta pelatihan parenting strategi PBL, antara ibu berpendidikan tinggi dan ibu berpendidikan rendah. Hasil uji lanjut T-Dunnet menunjukkan bahwa thitung 6,30 > ttabel 2,042 pada taraf signifikansi α=0,05. Skor rata-rata kemampuan berkomunikasi ibu berpendidikan tinggi peserta pelatihan parenting strategi PBL (A1B1) x̅229,67 dan skor rata-rata kemampuan berkomunikasi ibu berpendidikan tinggi peserta pelatihan parenting strategi EL (A2B1) x̅212,43. Artinya untuk ibu berpendidikan tinggi kemampuan berkomunikasinya akan lebih tinggi jika mengikuti pelatihan parenting strategi PBL daripada EL; 5) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berkomunikasi ibu peserta pelatihan parenting strategi EL, antara ibu berpendidikan tinggi dan ibu berpendidikan rendah. Hasil uji lanjut T-Dunnet menunjukkan bahwa thitung 2,64 > ttabel 2,042 pada taraf signifikansi α=0,05. Skor rata-rata kemampuan berkomunikasi ibu berpendidikan rendah peserta pelatihan parenting strategi PBL (A1B2) x̅ 214,33 dan skor rata-rata kemampuan berkomunikasi ibu berpendidikan rendah peserta pelatihan parenting strategi EL (A2B2) x̅221,11. Artinya untuk ibu berpendidikan rendah kemampuan berkomunikasinya akan lebih tinggi jika mengikuti pelatihan parenting strategi EL daripada PBL. Disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi ibu dengan anak usia 4-5 tahun di Provinsi DKI Jakarta, strategi pelatihan parenting sebaiknya memperhatikan tingkat pendidikan ibu. Ibu yang berpendidikan tinggi lebih cocok mengikuti pelatihan parenting strategi PBL dan ibu berpendidikan rendah lebih cocok mengikuti pelatihan parenting strategi EL. Kata Kunci : Kemampuan Berkomunikasi, Strategi Pelatihan Parenting, Tingkat Pendidikan

Item Type: Thesis (Disertasi (S3))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Early Childhood Education / Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: Dr. Ir. Adiyati Fathu Roshonah
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:18
Last Modified: 30 Mar 2023 02:18
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item