PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI TINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Linda Astriani, Linda (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI TINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Thesis (S2) thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
TESIS LINDA UNJ 2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tangerang Selatan tahun ajaran 2016/2017 semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan posttest-only control design dan design treatment by level 2x2. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan tes kemampuan awal matematika. Pengujian hipotesis menggunakanteknik Anava dua jalur dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji kolmogorv-smirnov, dan uji homogenitas dengan uji levene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar melalui pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari siswa yang belajar melalui pembelajaran langsung; (2) terdapat interaksi antara pembelajaran Reciprocal Teaching dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika; (3) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang belajar melalui pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari siswa yang belajar melalui pembelajaran langsung; (4) tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kemampuan awal matematika rendah antara siswa yang belajar melalui pembelajaran Reciprocal Teaching dan siswa yang belajar melalui pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Linda Astriani
Date Deposited: 14 Feb 2023 05:02
Last Modified: 14 Feb 2023 05:02
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/11687

Actions (login required)

View Item View Item