Sertifikat HAKI Poster Hasil Penelitian "Kemampuan Literasi Digital Guru AUD (Studi Kasus Peserta Workshop Literasi Digital)"

EC002022115794 (2022) Sertifikat HAKI Poster Hasil Penelitian "Kemampuan Literasi Digital Guru AUD (Studi Kasus Peserta Workshop Literasi Digital)". 000431538.

[img] Text
SERTIFIKAT HAKI SITI LUTHFIA DEWI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menggali bagaimana Kemampuan Literasi Digital Guru AUD. Merupakan penelitian Studi Kasus dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini sebagai informan yakni 3 (tiga) orang Pendidik PAUD yang tinggal di area Jabodetabek, dimana informan ini sebagai peserta Workshop Literasi Digital. Pemilihan subyek penelitian dilakukan secara acak dari sejumlah 26 peserta workshop literasi digital yang diselenggarakan dalam rangkaian penelitian utama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam (depth interview) dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Model Miles dan Huberman. Aktivitas analisis data terdiri atas data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dijumpai beberapa aspek Kemampuan Literasi Digital pada Guru AUD setelah mengikuti Workshop Literasi Digital sebanyak 4 (empat) kali tatap muka @ 4 x 60 menit dan kemudian mempraktekkannya di lembaga pendidikan masing-masing. Literasi digital memberikan efek yang kuat untuk anak pada generasi milenial ini dimana anak bisa belajar dan memahami teknologi yang semakin berkembang. Pihak sekolah dan guru pun memberikan dukungan berupa fasilitas sehingga anak dapat mengikuti perkembangan literasi digital sesuai pada zamannya. Ketika melakukan kegiatan literasi digital terdapat aturan-aturan agar anak dapat memahami cara menggunakan media literasi digital tersebut.

Item Type: Patent
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Early Childhood Education / Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: Dr. Ir. Adiyati Fathu Roshonah
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:27
Last Modified: 02 Feb 2023 01:27
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item View Item