Seritikat HAKI atas nama Annisa Husnul, Adiyati FR, dkk "Poster : PENGARUH PELATIHAN LITERASI MOBILE SEAMLESS LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL ARLOOPA BAGI GURU PAUD"

EC002022114903 (2022) Seritikat HAKI atas nama Annisa Husnul, Adiyati FR, dkk "Poster : PENGARUH PELATIHAN LITERASI MOBILE SEAMLESS LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL ARLOOPA BAGI GURU PAUD". 000430647.

[img] Text
SERTIFIKAT HAKI ANNISA HUSNULKHOTIMAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif ini menguji Pengaruh Pelatihan Literasi Digital Mobile Seamless Learning terhadap kemampuan Penggunaan Media Digital Aarlopa Bagi Guru PAUD. Diawali dengan pelaksanaan pelatihan sebanyak 4 kali @ 4 x 60 menit. Setelah itu disebar angket mengenai kemampuan mengoperasikan Aplikasi Arloopa. Populasi penelitian Pendidik PAUD yang mengikuti pelatihan Literasi Digital. MSL. Sampel penelitian adalah Pendidik PAUD yang terpilih secara acak dan mendaftarkan diri sebagai peserta Pelatihan MSL sebanyak 24 orang. Pemilihan sampel menggunakan Teknik Probability Sampling. Pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisa Data menggunakan Analisa Deskriptif dan Analisa Inferensial. Teknik pengujian hipotesis Spearman Rank Corelation. Hipotesis Ho : Tidak Terdapat Pengaruh yang Signifikan Antara Pelatihan Literasi MSL terhadap Kemampuan Penggunaan Media Digital Aarlopa Bagi Guru PAUD dan H1 : Terdapat Pengaruh yang Signifikan Antara Pelatihan Literasi MSL terhadap Kemampuan Penggunaan Media Digital Aarlopa. Hasil uji normalitas Kolmogorov Smirnov berdistribusi normal, nilai signifikasi 0,83 (> 0,148). Uji homogenitas bahwa data tidak homogen, dengan taraf signifikan 0,05 yaitu 0,031; sehingga H0 diterima. Hasil pengujian Spearman Rank Correlation, nilai Rho 0,916. Statistik tabel dengan alpha 0,05 dan subjek 24 = 0,3059. Karena statistik hitung > statistik tabel maka tolak Ho dan H1 diterima. Melalui aproksimasi statistik z hit=4,3933 dan z tabel (alpha 0,05)= 1,6448. Karena z hitung > z tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya variabel X berhubungan signifikan dengan variabel Y, artinya terdapat pengaruh dari Pelatihan Literasi digital terhadap kemampuan penggunaan Media Digital Arloopa bagi guru PAUD.

Item Type: Patent
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Early Childhood Education / Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: Dr. Ir. Adiyati Fathu Roshonah
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:27
Last Modified: 02 Feb 2023 01:27
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/10162

Actions (login required)

View Item View Item