ANALISIS HEALTH BELIEF MODEL (HBM) PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA PEKERJA SEKTOR MIKRO

EFFENDI, LUQMAN and AZIZAH, NABILAH ROHMAH and SITI, RIPTIFAH TRIHANDARI and Suherman, Suherman (2022) ANALISIS HEALTH BELIEF MODEL (HBM) PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA PEKERJA SEKTOR MIKRO. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text (Para pelaku dunia usaha memiliki potensi besar dalam memutus mata rantai penularan dikarenakan besarnya jumlah populasi pekerja dan mobilitas serta interaksi langsung dengan orang banyak yang merupakan faktor risiko dan perlu diantisipasi penularannya. Pe)
EB 2022 - Analisis Health Belief Model (HBM) Perilaku Pencegahan COVID-19 Pada Pekerja Usaha Mikro.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Para pelaku dunia usaha memiliki potensi besar dalam memutus mata rantai penularan dikarenakan besarnya jumlah populasi pekerja dan mobilitas serta interaksi langsung dengan orang banyak yang merupakan faktor risiko dan perlu diantisipasi penularannya. Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah menyatakan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilakukan salah satunya dengan melakukan pembatasan tidak terkecuali bagi para pedagang usaha mikro yang tetap membuka usahanya di tengah pandemi guna memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dan juga memenehui keperluan para konsumen. Namun demikian dunia kerja maupun usaha tidak mungkin selamanya dilakukan pembatasan, roda perekonomian harus tetap berjalan, untuk itu pasca pemberlakuan PSBB dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja maupun usaha seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi COVID-19 (New Normal) (Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2020b).

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Public Health > S1 Public Health / Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Suherman Suherman
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:27
Last Modified: 02 Feb 2023 01:27
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

View Item View Item