Jurnal Obsesi "Mobile Seamless Learning : Pengembangan Model Literasi Membaca Anak Usia Dini dalam Merdeka Belajar"

Roshonah, Adiyati Fathu (2022) Jurnal Obsesi "Mobile Seamless Learning : Pengembangan Model Literasi Membaca Anak Usia Dini dalam Merdeka Belajar". JURNAL OBSESI : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 6 (6). pp. 6258-6270. ISSN 25498959 (ONLINE) ; 23561327 (PRINT)

[img] Text
JURNAL OBSESI TERBIT Mobile Seamless Learning_ Model Pengembangan Kemampuan Literasi Membaca AUD dalam Merdeka Belajar.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran Mobile Seamless Learning (MSL) dalam pembelajaran membaca anak usia dini (AUD). Menggunakan metode RnD dengan model ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation dari Dick and Carry. Sebanyak 30 partisipan terlibat yang berasal dari kalangan pendidik PAUD yang memiliki anak usia dini. Temuan penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran MSL dapat digunakan dalam pembelajaran membaca AUD didasarkan pada tiga aspek (fleksibilitas, efektifitas pembelajaran, dan kualitas pembelajaran) yang diukur melalui angket yang didistribusikan kepada responden. Hasil skor rata-rata (mean) yang didapat adalah fleksibilitas 4,51, efektifitas pembelajaran 4,37 dan kualitas pembelajaran 4,16. Temuan ini menunjukan bahwa partisipan penelitian memberi respon positif terhadap penggunaan model belajar ini. Implikasi pedagogis yang terlihat selama proses penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknologi dalam model MSL dapat memunculkan potensi peserta didik untuk lebih terlibat dalam proses belajar, meningkatkan motivasi belajar, serta meningkatkan literasi siswa melalui informasi dari berbagai sumber.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Early Childhood Education / Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: Dr. Ir. Adiyati Fathu Roshonah
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:09
Last Modified: 01 Feb 2023 08:09
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item View Item